Thursday, January 21, 2016

Pompa Air Tenaga Surya (Solar Pump)

Kita tentu mengenal bahwa energi matahari adalah energi yang mampu menjangkau hampir seluruh pelosok di indonesia, dikarenakan negara kita dilewati oleh garis edar matahari (katulistiwa). Energi ini belum banyak dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan air, untuk minum maupun pertanian. Menurut hasil analisa kami ada beberapa faktor mengapa energi matahari ini belum begitu memasyarakat. :
1. Panel Surya masih di impor dari luar negeri hal ini menyebabkan dari segi harga, dan sistem pemasaran masih sangat terbatas pada kota-kota besar, seperti surabaya, jakarta. sampai tulisa ini kami tulis belum ada solar panel produksi dalam negeri Indonesia. 

2. Pompa Submersible DC, harganya lebih dari $2000. ini jika kita kurskan ke rupiah, seperti saat ini Rp. 14.000 Lebih. satu unit pompa saja bisa bernilai lebih dari Rp. 25.000.000, Gile benar. Pompa submersible adalah pompa yang ditanam didalam sumur. Pompa ini menggunakan tegangan DC, sehingga kerja pompa tergantung dengan temperatur sinar matahari. semakin panas semakin kenceng kerjanya. Apabila dipasang batrey, kinerja pompa lebih stabil. dan sampai tulisan ini belum ada merk Asli Indonesia, yang ada dipasar adalah pompa buatan german, china dan amerika.

Ada sebenarnya sistem konversi energi. yaitu mengubah energi listri DC dari solar cell menjadi  AC menggunakan konverter. alat ini memerlukan energi untuk bekerjanya, atau bebanya bisa mencapai 20%. artinya beban pompa yang akan kita pasang bertambah dengan beban peralatan konversi ini. jika pompa kita 200 watt. Bila dihidupkan dalam waktu 12 Jam maka totol beban 200 x 12=2400 watt ditambah 20% x 2400 = 480 watt. sehingga total beban 2400 + 480 = 2880 watt.
Ini berarti kita pelu menambah panel surya untuk memiliki angka lebih dari pada nilai kebutuhan watt kita.

Gambar Desain Pompa Tenaga Surya




Untuk menentukan jumlah solar panel yang kita akan pasang dengan beban 2880 watt adalah dengan melihat spesifikasi panel surya yang ada di pasaran. kita menemukan dipasar dengan satuan WP (watt peak), semakin tinggi nilai WPnya harga juga semakin tinggi. kita bisa mengira kira harga per WP mencapai Rp. 30.000 an.    kita ambil contoh solar panel 100 wp dalam beberapa kasus mampu memberikan listrik 500 watt hasil dari 100 x 5 jam sinar maksimal, bila kita ambil minimal, tergantung panas didaerah anda masing-masing.  Berapa jumlah solar panel nya ...? 2880 : 500 = 5,7 dibulatkan menjadi 6 buah panel surya dengan spesifikasi 100 wp dan tersinari selama 5 jam. bila anda ragu bisa dilebihkan.

Desain Aplikasi Pompa Air Tenaga Surya
Smart Water Supply





Saya memprediksi bahwa beberapa tahun yang akan datang akan datang sebuah tren baru dimana air sebagai sumber kehidupan memiliki harga yang mahal. mahalnya air tidak karena krisis air/kekeringan, namun kelayakan dan nilai kesehatan yang menentukanya. dengan sistem yang cerdas dan ramah lingkungan, tatanan kebutuhan masyarakat itu dapat terlayani dengan baik. 



Untuk aplikasi lebih lanjut, dari desain, Instalasi dan training calon operator bisa konsultasi dengan kami :

Bengkel Rekayasa Teknik Alhytec
Jl. Raya Sukorame Gandusari Trenggalek
Telp. 081335981650

No comments:

Post a Comment