Bagaimana Sistem Pompa Hibrida Terkoneksi dengan IoT

Pompa Hibrida adalah sebuah pompa yang memadukan antara pompa air tenaga angin dan pompa air tenaga matahari. Pompa ini sangat baik di gunakan pada sebuah perumahan dan lahan pertanian yang memiliki potensi alam angin dan matahari. Pompa hibrida di desain untuk menutupi kekurangan energi yang hasilkan dari kedua sumber alam angin dan matahari. dibeberapa daerah hembusan angin tidak stabil disiang hari, namun stabil dimalam hari, kekurangan itu di tambal oleh energi matahari yang tersedia pada siang hari.



Gambar Pompa Hibrida

Ada Bagian Perangkat Keras Terdiri ; Tower atau penyangga kipas, kipas, gearbox, generator dan pondasi tower.  Kemudian pada bagian pondasi di bor titik sumur/sumber yang akan di pasang pompa. 

Desain Tata letak sumur dicari titik dimana ada sumber dan hembusan angin yang maksimal dari berbagai arah. kemudian dilakukan pengeboran pada titik yang di tentukan.


Proses pengeboran

Bagian yang kedua adalah kontruksi sistem Listrik Tenaga Surya dimana untuk menggerakkan sebuah pompa kita memerlukan panel surya 200 wp sebanyak 4 biji, sehingga perlu adanya kontruksi yang kuat



Desain Penyangga Panel Surya

untuk mengolah listrik tenaga surya kita memerlukan sebuah sistem yang otomatis dimana saat batrey sudah penuh sistem dapat memutus secara total cut off sirkulasi sistem pengisian accu. hal ini di maksud untuk menghindari kerusakan pada accu.
kemudian di hubungkan kepada beban yang berupa pompa, sensor dan  modem apabila sistem irigasinya terkoneksi IOT (Internet of Things) 


Diagram Control Listrik Tenaga Surya

Untuk sensor debit air, kelembaman tanah dan sensor kecepatan angin, kita dapat menggunakan micro controler esp 8266 yang terhubung dengan cloud IOt kemudian data debit air, kelembaman dan kecepatan angin dapat kita monitor menggunakan android dimanapun kita berada.


Sistem Pengkabelan Sensor dengan esp 8622

ESP di berikan koding program untuk terkoneksi dengan Internet sebagi contoh patform gratis Blyn. Koneksi internet tentu memerlukan sebuah Wifi 4G Router apabila menggunakan koneksi seluler. 



Tampilan ESP 8622 Di lapangan

Pada HP android kita akan tampi sebuah indikator yang mengukur kecepatan angin dan kecepatan debit air yang dihasilkan pompa secara real time. sehingga dapat selalu memnonitor hasil air setiap saat


Tampilan Dasboard pada Android

Demikian sekilas sistem kerja pompa hibrida, semoga bermanfaat. bila akan berkonsultasi bagaimana pompa ini dapat di aplikasikan didaerah anda kami siap membantu.


Video Pompa Hibrida





Alhytech Engineering
Handpone WA. 081 335 981 650





 




Comments

Popular posts from this blog

Pompa Hidram

Cara Membuat Pumpa Air Tenaga Angin