DESAIN DALAM POMPA AIR TENAGA ANGIN

Bagian penting dari pompa air tenaga angin adalah sistem pompa, yang pada prinsipnya memiliki dua buah katub, yang kami sebut dengan katub dinamis  (Pada gambar kami tandai dengan A) dan katub statis (pada gambar kami tandai dengan B. Katub dinamis A adalah katub yang bergerak mengikuti putaran dan gerakan kipas, sedangkan katub statis B (diam) adalah katub yang posisinya berapa di ujung dalam air, yang bergerak karena efek dari katub dinamis.

Desain Dalam Pompa Air Tenaga Angin

Pada katub dinamis A, memiliki beberapa bagian, bagian yang pertama yaitu gasket / karet, memiliki bentuk kerja seperti gelang mengelilingi rumahnya, yang diameternya sama dengan badan pompa. Gasket ini harus memiliki sifat rapat namun elastis ringan untuk digerakkan, Bagian yang kedua adalah bola valve/ penutup otomatis, prinsip kerja dari penutup otomatis ini apabila katub A bergerak/ditarik ke arah atas, maka dia menutup., apabila Katub A bergerak ke bawah maka ia membuka.


Video Desain dalam PATA (pompa air Tenaga Angin)

Bagian Katub Statis B, juga memliki bagin penutup otomatis berupa bola valve, yang bekerja berlawanan dengan katub A. dimana ketika katub A ditarik keatas bolanya menutub, maka bola valve katub B membuka, dan ketika Katub A di gerakkan ke bawah bolanya membuka, maka bola valve katub B menutub. kejadian ini terus menerus sehingga air yang berada diatas katub A terdorong ke area yang lebih tinggi.


Video Hasil Pompa PATA

Bagaimana untuk memperbesar debit air ? pertama diameter  lobang bola Katub A dan B besar, yang kedua Kecepatan naik turun katub A, yang ketiga tujuan/permukaan air tujuan rendah. ketiga point ini memiliki kaitan yang erat satu dengan yang lain. apabila kita melobangin Katub A Besar maka diameter pompa juga besar, gasket, dan bola juga besar, maka kecepatan; yang berakitan dengan mesin dan kipas pompa juga harus memiliki kekuatan yang lebih untuk menggerakkanya, gerakan cepat/ rendah akan berpengaruh pada kekuatan hantaran air dari bawah ketempat tujuan.
demikianlah sedikit pengalaman  berkait dengan pompa air tenaga angin

Alhytech Engineering
Video Lain di Chanel Youtube : Amin Trenggalek
Alhytech Engineering
Jln. Raya Sukorame Gandusari Trenggalek Jawa Timur
Telp. 0355 878 454   HP / WA 081 335 981 650









Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pompa Hidram

Cara Membuat Pumpa Air Tenaga Angin

Bagaimana Sistem Pompa Hibrida Terkoneksi dengan IoT