Wednesday, November 14, 2012

Langkah 2 Aplikasi Pompa Hidram

Pompa Hidram adalah Pompa yang berfungsi menaikkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi dengan memanfaatkan tekanan air itu sendiri, efisiensi pompa air ini tergantung dari desain dan model pompa hidram yang digunakan. pompa hidram yang standar dapat menghantarkan air secara maksimal mencapai efisiensi 60%, sedangkan 40% dari jumlah debit digunakan untuk bahan penggerak pompa tersebut. berikut ini ada beberapa cara sederhana dalam aplikasi pompa hidram;

Pengukuran debit air sumber
Pengukuran ini dilakukan sebaiknya pada masa kemarau atau tidak pada musim penghujan. dimaksudkan untuk mendapatkan data yang akurat tentang sumber air, berikut ini cara yang mudah untuk mengukur sumber air.

Persiapkan teko/ceret/ atau wadah air yang transparan contoh adalah seperti pada gambar berikut; selanjutnya carilah teko blender buah, yang disana ada ukuran liternya  biasanya tertulis 250, 500, 750, 1000 cara membacanya bahwa 1000=1liter, artinya kalau terisi sampai denga rata angka 1000 berarti =1liter. 

untuk mengukur debit air
Teko /Wadah Air
Isilah teko blender tersebut sampai menuju angka 1000 dan tuangkan kedalam teko atau wadah seperti pada gambar diatas.currrrrrrrrrrrr. sampai habis. kemudian anda letakkan pada meja yang rata, ambil sepedol, dan coret batas atas air tersebut..maka kita sudah menemukan tanda 1 liter air. selanjutnya anda buat ukuran 2 liter, 3 liter, 4 liter dst. tergantung teko anda. tinggal ditambah dan ditambah..seperti cara tadi.

Persiapan Tempat Pompa
Pompa hidram dapat bekerja apabila ada tekanan air yang dihasilkan dari Pipa peluncur, sehingga kita perlu mencari tempat dimana air dapat kita luncurkan dan menghasilkan tenaga. terkadang tempat pompa berjauhan dengan sumber air, dengan mempertimbangkan Tinggi luncuran dan keamanan pompa, dari banjir dan lumpur.

Pengukuran Beda Tinggi Pipa Peluncur (drive pipe)
Pengukuran tinggi rendah suatu lokasi anda memerlukan peralatan yang sangat penting, yaitu tongkat. dan waterpas,  cara penggunaan alat tersebut sebagai berikut;

Pengukuran Tinggi Lokasi Hasil (Delivery Head)
Lakukan hal yang sama untuk mengukur seberapa tinggi air yang akan kita hantarkan, dimana lokasi bak penampung hasil diletakkan  tergantung dari beda tinggi pipa peluncur, dan jenis pompa yang dipakai. pengukuran dilakukan dari lokasi dimana pompa hidram diletakkan

Pengukuran Kebutuhan Air
Berapa air yang dibutuhkan ditempat lokasi hasil dengan cara sederhana = kebutuhan harian x jumlah penduduk per kepala keluarga.  dari hasil pengukuran ini untuk menentukan model pompa dan drive head.




No comments:

Post a Comment