Wednesday, April 25, 2012

Internet Untuk Pelosok Desa

Mungkin karena berasal dari desa, terasa pikiran dan cita-cita bagaimana desa bisa maju. Mohon maaf sebelumnya. pada kesempatan ini kita berbagi bagaimana mengkoneksikan internet untuk daerah terpencil atau pedesaan. ada beberapa alternatif antara lain;
1. Modem Dial up /ADSL Speedy
2. GSM / CDMA
3. Satelit disk
4. WIFI
5. Wimax

Diantara model koneksi internet diatas, setelah di hitung dari segi Harga / jangka 1 - 5 tahun, kualitas koneksi dan tersedianya onderdil dipasaran. maka pilihan jatuh pada koneksi dengan sistem   SPEEDY - WIFI

Peralatan pendukung jaringan speedy wifi antara lain
1. Router : Sebagai pembagi, polisi, tembok virus, load balancing
2. Proxy : penyimpan halaman web sementara
3. Server Conten : komputer dengan koleksi video, buku, musik, untuk berbagi pakai.
4. Antena : pengganti kabel tembaga dan serat optik yang mahal.
5. Tower : tempat antena untuk mendapat fressnel Zona / daerah bebas hambatan
6. Akses Point : penghantar signal internet yang selanjutnya berpasangan dgn antena
7. Kabel

Memilih provider TAMBAHAN bandwith juga perlu anda lakukan bila kebutuhan internet di daerah pedesaan tersebut besar. taruhlah sampai dengan 10 Mbps.
maka anda perlu menyediakan  pesen bandwith telkom 3 Mbps biaya sekitar 1,8 jt /bulan. ditambah provider lain seperti, biznet, indosat dll

Pemilihan alat
1. Pilih router yang handal; produk keluaran juniper, mikrotik, adalah peralatan yang merakyat, dari segi harga dan kwalitas. www.mikrotik.co.id
2. Proxy dan server conten  sangat memperkaya jaringan anda karena user akan diarahkan pertama kali dalam proses browsernya ke halaman web lokal jaringan anda. Intranet jaringan. disana kalau butuh musik, video, dsb tidak perlu koneksi internet. cukup dowload di server lokal saja, ini membutuhkan petugas yang mengupdate isinya. gunakan operating system handal dan kompatibel dengan komputer biasa yang di seting sbagai server, sedia saja hardisk besar dan handal. Os yang handal seperti Debian, Rethad dan Ubuntu versi server sangat handal jepit.
3. Antena sangat menentukan jarak jangkauan, gunakan provider yang terpecaya dan model yang sesuai. produsen antena grid; kenbontong, ngenius, hyperlink, mikrotik, Nano Satation mudah mencarinya dipasaran dan harganya terjangkau.
ada antena yang bundled dengan AP seperti FIBER Air punyae Air OS / saudaranya Nanostation sangat keren sekali.

Atau produknya Mikrotik juga tidak kalah keren

pemilihan ini perlu mempertimbangkan harga dan fungsi, untuk jarak
1-5  km    gunakan antena grid kenbontong saja
5-10  km pakailah yang diatasnya dikit; ngenius, mikrotik atau hyperlink
10 - 15 km pakaialah produk mikrotik atau nanos station
menurut pengalaman dilapangan, semakin dekat, smakin baik contohnya uuntuk mencapai jarak 20 Km, baiknya mencari penopang di km 10, 15. sehingga ada penguatan signal (repeater).

Peralatan pendukung yang penting lagi adalah
1. Google eart versi online dan offline
2. Kompas
3. Gps
4. Teleskop / keker
5. Sabuk pengaman
6. Handy Talky
7. Pemanjat handal
8. Administrator handal
9. Akomodasi yang cukup


Dengan kolaborasi desain, pemilihan peralatan,  tool alat, SDM, yang standar di atas saya rasa tidak ada lokasi yang tidak terjangkau internet, selama ada rasa semangat, sosial, dan servis.
berlanjut.......................................................





1 comment:

  1. terus gimana caranya mas? bisa g kasih info yang lebih jelas. krn saya dikampung yang belum ada jaringan telkonya. jadi hanya pakai modem saja yang sinyalnya kadang ada kadang enggak. terus berapaan biayanya mas? atau si masnya mau g buka usaha untuk melayani pemsangan internet pedesaaan?

    ReplyDelete