Tuesday, April 6, 2010

Desain Baru Pompa Hidram

POMPA HIDRAM 

Pompa hidram sebenarnya dapat di modifikasi dan reka ulang untuk memenuhi kebutuhan lapangan. Misalkan kita mempunyai debit air yang rendah sedangkan kebutuhan air semakin tinggi, maka penggunaan air sebagai "bahan bakar" pompa hidram harus sangat di perhitungkan.
contoh ; Langkah untuk mengendalikan keluaran (waste water) adalah dengan mendesain katub buangan bisa di pendek dan panjangkan, sehingga pada saat musim kering / kemarau misalkan debit air mengalami penurunan, dengan cepat pompa dapat di fungsikan kembali tanpa ada halangan.
Desain pompa hidram juga perlu adanya pemasangan pressure meter, yang berguna untuk mengetahui seberapa besar tekanan yang dihasilkan oleh pompa, hal ini selanjutnya di gunakan untuk mengecek secara langsung apakah kerapatan katub dalam tabung masih dapat dipertahankan atau perlu adanya penggantian.

Gambar Pompa hidram dengan Pressure meter hasil karya Alhytech Engginering


Penambahan tabung pada dua output pompa hidram berefek pada stabilitas tekanan yang dihasilkan pompa. tabung pompa itu sendiri sebenarnya menampung tekanan pompa, namun masih kurang / ketukan pompa lebih besar mungkin di musim hujan, debit air tinggi, sehingga keawetan tabung tidak terjaga. apabila tabung tidak dibantu penyaluran tenaganya, maka keawetan dari katup/ onderdil pada waste water akan berkurang. tabung ini juga berfungsi sebagai penyatu tekanan dari 2 atau lebih pompa hidram, keunggulannya adalah lebih kuat dan pemasanganya lebih sederhana dibanding kita menggunakan T maupun elbow untuk menyatukan 2 lebih pompa hidram.

Untuk daerah yang sangat Ektrem, sebagai contoh apabila kita membutuhkan debit air 15 liter /menit, dengan total head sampai dengan 100 meter lebih, maka banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan pompa hidram, antara lain bendungan, penguat pipa luncur dan pompa itu sendiri yang harus di buat dengan bahan yang terpilih dan tepat

Gambar Pompa Hidram untuk daerah ektrem


Pompa dipasang di atas beton yang meredap goyangan pompa saat bekerja. dan diberi rumah sebagai pengaman dari kotoran , longsor dan ganguan penonton.
Untuk Info lengkap cara Pembuatan Pompa Hidram bisa download Link berikut ini

No comments: